Posted by: lizenhs | November 22, 2013

TENTANG lizenhs

TENTANG  lizenhs

Nama lengkap dari lizenhs adalah Haslizen Hoesin. h huruf awal nama bapak, a awal nama Paman, s awal nama ibu, l awal nama inyiak (kakek) dan i huruf akhir nama nenek.

lizen adalah sapaan/panggilan oleh ibu/bapak/nenek, sanak-famili dan karib-kerabat di kampung.

Panggilan lain: Zen oleh teman-teman sebaya di: Sekolah, di Perguruan Tinggi, tambah kak (kakak) Zen atau Yanda Zen di Pramuka Gudep 104-105 Bandung dan Hoesin dipertemuaan/seminar/kursus.  Panggilan lain Has, Hasli dan sering juga Bang atau Uda (Da) Zen.  Ya itulah panggilan dari Haslizen Hoesin.

Orang tua: Bapak, Hoesin Sutan Sati (kemudian menjadi Datuak Basunduik) beristri 4 orang. Ibu, Sandjaiani Latif. Mamak (paman), Ahmad Latif. Mamak Ahmad Latif dipanggil Lizen Mak Tik. Nenek, Bani. Inyiak, Latif.  Lizen bersaudara sebapak 11 orang (satu Alm).
Istri, Maiyulis. Anak: M. Zaki (alm),  M. Qalbi dan  M. Ahda Udrafi.

Ibu dari Maiyulis berasal dari Sari Bulan – Lawang – Matua. Kab Agam- Minangkabau (Sumatera Barat). Bapak dari Padangpanjang. Masa kecil Maiyulis di Payokumbuah, SR (SD) dan SLTP di Payokumbuah, Pindah (melanjutkan SLTP) di Lahat Sumsel, SLTA di  Lahat, SLTA diselesaikan (pindah) ke Bukittinggi SMA Lanbouw. Perguruan Tinggi Unand-Pertanian Padang.

Maiyulis pernah bekerja di Kanwil Pertanian Sumbar (Padang) dan kemudian pindah ke Kanwil Pertanian Jabar (Bandung). kemudian pindah ke di Dinas Perkebunan Jabar (Bandung),sekarang pensiun.

Maiyulis bersaudara 9 0rang, berurutan sebagai berikut: Syamsirsyah, Syamsuar, Syahlinar, Nursal, Nurfit, Nurlena, Maiyulis, Deswardi, Erlina,

Lizen bersaudara 11 orang dari 4 ibu (bapak beristri empat orang),  Nama-nama saudara sebapak berurutan sebagai berikut: Husmarti, Basmarti, Husnimar (almarhum), Haslizen, Helmon, Hanif, Helmar, Rusman, Erizal (Herizal), Happy Hayati, Hasnizam. Taripa [anak mamak (Ahmad Latif)]: Fatmi. Asna, Zulfa, Irza, Wista, Riska dan Ukhfi.
Nenek (Bani) beranak 3 (tiga) orang: Rahimah, Sanjaiani dan Ahmad.  Anak Rahimah (mak Tuo) tiga orang: Djuswar, Deliar dan Rosma.

Lizen, dilahirkan di Jorong (Kampuang) Paraklaweh, Tujuahnagari, Kototangah, Tilatangkamang – Kab. Agam – Minangkabau (Sumatera Barat) Indonesia.
Sekarang menetap di Bandung Indonesia. Alamat: Antabarudua, Cisaranten Kulon, kecamatan Arcamanik, Bandung, Indonesia

Email: lizenhoesa@gmail.com

Berikut sedikit tentang kegiatan pendidikan dan pekerjaan yang pernah dilalui, untuk menjawab beberapa penanya, mudah-mudahan terjawab.

Sebelum pengunjung/pembaca melanjutkan kepada alinia berikutnya.  Pada alinea ini, Lizen mengucapkan terimakasih banyak, kepada semua pengunjung/pembaca Bukik Ranah Ilmu (BRI). Terima kasih pula atas kritik membangun, saran-saran dan pertanyaan yang disampaikan, mudah-mudahan jawabannya memuaskan. Semoga kunjungan dan hasil membaca tulisan/makalah di Bukik Ranah Ilmu (BRI): bermanfaat, menambah pengetahuan, wawasan dan dapat diterapkan.  Aamiin.

Lizen mengucapkan terima kasih banyak kepada seorang mahasiswa ARS Internasional (sudah alumni dan sekarang putus komunikasi).  Dia (mhs tsb) melihat saya (lizen) sering menulis dan dimuat pada blog lain, bulletin atau jurnal dan menyarankan membuat blog sendiri, karena belum tentu semua tulisan saya dapat dipublikasikan sebab bisa/mungkin tidak sesuai dengan topik/kategori blog (mereka) saat itu, bila di blog sendiri akan dipublikasikan sesuai dengan keinginan sendiri meskipun saat ditulis tidak populer/menarik.  Itulah sekelumit asal-muasal blog ini.  Mudah-mudahan mhs tsb sukses di tempat kerja. Aamiin.

Mulai 30 Agustus 2015 tampilan Bukik Ranah Ilmu (BRI) di perbarui atas saran sahabat Tresnadi. Lizen mengucapkan terimakasih kepada sahabat Ambo Tresnadi yang membantu merubah tampilan Bukik Ranah Ilmu seperti para pengunjung/ pembaca lihat, juga saran-sarannya tentang pengembangan Bukik Ranah Ilmu kedepan. Semoga saran dan masukan sahabat pemiliki blog Belajar Ekonomi menjadi amal ibadah dan menjadikan BRI lebih banyak pengunjung dan memberikan manfaat yang lebih banyak (berlipat ganda) bagi pembaca/pengunjung. Aamiin.

Pendidikan:
Sekolah rakyat (SR) atau sekarang disebut Sekolah Dasar (SD):

SR Pakan Kamih, pindah
SR Lapautalang, Lubuakbasuang, pindah
SR Batumandi dan selesai di sini.

Sekolah Menengah Pertama (SMP): SMP Pakankamih.

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA): SMA I. Lanbouw Bukittinggi.

Strata I (S1): Departemen Fisika Teknik (sekarang Teknik Fisika) – ITB.  Bandung
Strata II (S2): Teknik dan Manajemen Industri – ITB.  Bandung

Kursus, Training, Pendidikan dan latihan (Dik-Lat), Pelatihan dan Workshop  

  1. Kursus “Illuminating Engineering”, penyelenggara Departemen  Fisika Teknik–ITB – Institut fur Lichttechnik, Technische Unversitat Berlin. Pengajar Prof DR. Ing. Jurgen Krochmann. Bandung, 18 Juli – 5 Agustus 1978.
  2. Penataran Penggunaan Energi Surya Dalam Teknologi Lepas panen. Penyelenggara LFN – LIPI. Bandung, 25 – 26 Oktober 1978.
  3. Dik-Lat Pemanfaatan Energi Matahari Untuk Pedesaan. Penyelenggara LFN-LIPI. Bandung 7 – 11 Juli 1980.
  4. Kursus Singkat “Energi Radiasi Matahari”, penyenggara LFN [LIPI] – AIT [Bangkok], Pengajar Prof. DR. RHB Exell. Bandung, 13 – 15 April 1982.
  5. Kursus “Metodologi Alih Teknologi – TTG”. Penyelenggara LIPI, Bandung, 1 – 13 Agustus 1983.
  6. Training Course for Cooperators for Selected Countries. IDACA-Tokyo Jepang, September 26 – October 27, 1989.
  7. Regional Workshop On Cooperative Management Consultancy (CMC) Services, Bandung – Indonesia, 24 –28 April 1995.
  8. Traning bagi instruktur/fasiltator pada International Certified Purchasing and Supply Management Program. PPMPI, Pertamina Traning Centre, Complex IPC. Jakarta, July 7th – 9th 2005
  9. Training Workshop PPMPI – APPI “Inventory & Asset Management in Indonesian Oil and Gas Inventory”.  Hotel Savoy Homann, Bandung, Septembre 5th – 7th, 2007.
  10. Dll

Pekerjaan 

Pekerjan meliputi Mengajar, Meneliti dan sebagai menjabat Struktural di IKOPIN, ARS, Darul Hikam dan di Percetakan

Mengajar:

Di ITB, mengajar pada jurusan Geofisika dan Meteorologi. Di Geofisika dan Meteorologi mengajar Intrumentasi Meteorologi dan Fisika Atmosfir. Menulis Diktat Instrumentasi Meteorologi dan buku panduan Praktikum Instrumen & Metoda Pengukuran. Berhenti, kemudian bekerja di LFN – LIPI sebagai peneliti.  Berhenti, kemudian ke IKOPIN

Di Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN): Mengajar pada Program S1: Fakultas Manajemen Produksi dan Pemasaran (FMP). Fakultas Manajemen Keuangan dan Perbankan (FMK), Fakultas Manajemen Sumberdaya Manusia (FMS).  Proram DIII dan Program S2 IKOPIN. Di  IKOPIN pernah menjabat jabatan struktural, merancang dan mengelola laboratoriun yaitu: Laboratorium (lab)  Statistika IKOPIN, Merancang dan mengelola lab Manajemen Mutu, Lab. Teknologi Terapan, lab Sistem Produksi dan mengelola Perpustakaan FMP.  Mengajar MK Manajemen Koperasi Produksi/Produsen.  Pensiun, kemudian bekerja di Perguruan Tinggi di lingkungan  ARS Internasional

Di Perguruan Tinggi di lingkungan ARS Internasional:  Mengajar pada Pogram S1: Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIKA), Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata (STMP) dan Program DIII: Akademi Pariwisata (Akpar). Di ASR pernah menjabat jabatan struktural dan di akhiri dengan pensiun. Di ARS menulis beberapa diktat. Diantaranya diktat Manajemen Mutu untuk: Fak Ekonomi, Prodi Perhotelan, Prodi Manajemen Pariwisata dan Statistika untuk Prodi Keperawatan.

Perguruan Darul Hikam: bekerja di bidang Akademik dan Perpustakaan.

Menulis Buku Diktat dan Panduan Praktikum di IKOPIN

Menulis/menyusun buku diktat. Daintaranya: Matematik (Untuk) Ekonomi, Statistika  Parametrik dan Non Parametrik (untuk) Ekonomi, ILmu Alamiah Dasar, Manajemen Mutu Terpadu, Pengendalian Mutu Statistika (SQC), Teknologi Terapan I dan II, Koperasi Produksi, Metoda Peramalan/Teknik Proyeksi Bisnis, Metoda Penelitian, Manajemen Bahan dan Persediaan, Ergonomi dan Metoda Kerja.

Panduan Paraktikum. Yaitu: Praktikum Statistika I dan II, Panduan Praktikum Pengendalian Mutu Statistika (SQC), Praktikum Manjemen Mutu Terpadu, Praktikum Metoda Peramalan, Praktikum Teknologi Terapan, Praktikum Metode Penelitian. Praktikum Manajemen Bahan dan Persediaan, Praktikum Ergonomi dan Metoda Kerja, Praktikum Koperasi dan Praktikum Wirausaha dll .

Menulis buku (diktat) dan Buku Panduan praktikum dilakukan, agar materi pengajaran  lebih dipahami Mahasiswa, materi ditulis sesuai SAP (Satuan Acara Perkuliahan) atau [materi pokok yang ditulis pada Buku Panduan Program Studi].

Peneliti 

Sebagai peneliti di Lembaga Fisika Nasional (LFN)-LIPI (tahun 1982 -1983 dan 2004- 2005):  meneliti tentang Energi Surya/Matahari (pemetaan energi Radiasi Surya) dan pemanfaatannya (TTG) yaitu Kamar Pengering Energi Surya dll.

Bekerja Di Percetakan Arena Seni, Jakarta. Bagian Pengendalian sebagai Pengendalian mutu pada Proses Produksi

Dan lain lain

Sekarang: Pensiun, mengajar paroh waktu diperguruan tinggi, konsultan, meneliti, menulis  dan lain-lain  .


Responses

  1. tarimokasi dinda Zen. Pencerahan bagi ambo.Baru tahu ado kembaran gedung sma i lanbaw. Benar sekali kita jadi orang asing di gedung sma kii…. lapangan upacara dibangun taman bagai, bagonong nan dipaksokan…. antahlah. Ngomong2 angkatan kami nan masuk sma 1 b di birugo…… ‘murik’ sekalah raja juga lah. Salam hangat dari masrur siddik di bubat bandung

    • Tarimo kasih Kanda (Sanak) Masrur, Kanda (sanak) di Bubat, ambo di Antanaru Dua Guru Minda Sukarno hatta Cisaranten Kulon Bandung. sauatu saat awak batamu di Darat mungkinkan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: