Posted by: lizenhs | October 5, 2016

Bencana Adalah Gangguan/Ancaman Terhadap Keselamatan Bangunan (Umum)

Bencana Adalah Gangguan/Ancaman Terhadap

Keselamatan Bangunan (Umum)

oleh: Haslizen Hoesin

 

Kata Pengantar

Assalamua’alaikum pengunjung Bukik Ranah Ilmu (BRI), tulisan kali ini adalah mengenai Bencana Dalam Kerangka Perumusan Model Sistem Pengaturan Keselamatan Bangunan Umum.  Bila dicermati ternyata terdiri dari dua judul yaitu  1). Bencana adalah Kegagalan Bangunan (Building Failure). dan 2). Bencana adalah Gangguan/Ancaman Terhadap Keselamatan Bangunan  (Umum).  Tulisan ini dipresentasikan, tgl. 22 Maret 1980, dihadapan Gugus Tugas PBS LAPI-ITB. Mengingat isinya masih up to date, saya (ambo) kutip dan di muat pada Bukik Ranah Ilmu untuk para pembaca Bukik Ranah Ilmu (BRI) sebagai penambah wawasan. Tulisan ini akan lebih baik dibaca, bila terlebih dahulu dibaca Bencana adalah Kegagalan Bangunan (Building Failure). https://lizenhs.wordpress.com/2016/10/04/bencana-adalah-kegagalan-bangunan-building-failure/#more-3256

Tentu akan lebih lengkap lagi sebelum membaca kedua judul tersebut, dibaca terlebih dahulu BENCANA: ARTI KATA (DISASTERS: THE MEANING OF WORDS) https://lizenhs.wordpress.com/2015/09/04/bencana-arti-kata-disasters-the-meaning-of-words/ sebagai pembuka wawasan awal tentang ke-bencana-anSelamat membaca semoga bermanfaat.

Pendahuluan

Bencana adalah Gangguan/Ancaman Terhadap Keselamatan Bangunan  (Umum).  merupakan  bagian kedua dari tulisan mengenai Bencana Dalam Kerangka Perumusan Model Sistem Pengaturan Keselamatan Bangunan Umum.  Kenapa demikian?  Karena, bila membahas bencana pada bangunan, dapat ditinjau dari dua hal yaitu:

1). Bencana adalah Kegagalan Bangunan  (Building Failure). dan 2). Bencana adalah Gangguan/Ancaman Terhadap Keselamatan Bangunan  (Umum).  Tentu kedua judul itu sebaiknya dibaca agar pemahaman lebih lengkap.  Paparan berikut ini, tentu mengemukakan Bencana Adalah Gangguan/Ancaman Terhadap Keselamatan Bangunan  (Umum).

2. Bencana Gangguan/Ancaman terhadap Keselamatan Bangunan (Umum)

2.1. Pengertian Keselamatan Bangunan (Umum)

Pengertian Keselamatan Bangunan (Umum) [Public Building Safety]

Unsur unsur yang menjamin tercipta bangunan yang baik adalah: 1). Mutu (kualitas), 2). Ekonomi, 3) Persyaratan Fungsional, 4). Keselarasan terhadap lingkungan fisik dan social dan 5). Pengawasan (Control)/Pengendalian

2.1.1. Unsur Mutu (Struktur, Installation, Architecture)   

Menurut (CEP) unsur Mutu adalah:

1). Kekokohan/kekuatan (durability): (1). Tahan terhadap keruntuhan; (2). Tahan terhadap goncangan. (3) Tahan terhadap bahaya kebakaran.

2). Safety for Life: Bagi Pemakai, Bagi Pekerja dan Bagi Publik & Tetangga.

3). Usefulnes (correct functioning of a lift, sebagai contoh).

4). Comfort [kenyamanan: udara (Tata Udara), pencahayaan (Tata Cahaya) dan kebisingan (Tata Suara)]. Supaya lebih lengkap mengenai kenyamanan, baca FISIKA BANGUNAN, BANGUNAN APA…….. ITUUU? https://lizenhs.wordpress.com/2011/11/26/fisika-bangunan-bangunan-apa-ituuu/

5). Performance (energy saving dll) mengenai hemat energi selengkapnya, baca CARA-CARA KONKRIT MENGHEMAT ENERGI. https://lizenhs.wordpress.com/2015/12/20/cara-cara-konkrit-menghemat-energi-2/

2.1.2. Unsur Ekonomi/Building Cost/ Biaya Bangunan

Dimaksud dengan biaya pada paparan ini yaitu: Investasi, Operasi, Pemeliharaan dan Pencegahan kebakaran.  Faktor biaya itu sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu: Umur Ekonomis, Lokasi dan Struktur, Instalasi dan bahan pengisi.

Umur Ekonomis adalah umur bangunan hingga sampai pada satu saat dimana biaya perawatan > nilai bangunan.

Struktur mencakup: daya dukung tanah; bobot bangunan; pengaruh lingkungan dan bencana seperti banjir gempa dan lain-lain.

Instalasi mencakup: mobilitas dalam bangunan, Listrik, AC, Plambing, Komunikasi, Pencegahan kebakaran, Keamanan dll.

Bahan pengisi mencakup bahan-bahan yang digunakan atau ditempatkan dalam bangunan, menyangkut hal-hal ketahanan yang berhubungan dengan umur ekonomis.

2.1.3. Unsur Persyaratan fungsional/fungsi bangunan

Fungsi bangunan dapat berfungsi untuk kepentingan pribadi, umum ataupun khusus.

2.1.4. Unsur Keselarasan Terhadap Lingkungan Fisik & Sosial

Unsur keselarasan terhadap lingkungan, yaitu lingkungan sekitar seperti: Bangunan didaerah Tropis berbeda dengan bangunan didaerah Subtropis, daerah Panas dan Dingin, Sering Hujan dll.  Daerah sering terjadi gempa. Daerah dataran Tinggi, Rendah dan Pantai.  Demikian juga dengan kebiasaan masyarakat setempat.

2.1.5.  Unsur Pengawasan/Control/Pengendalian

Unsur Pengawasan/Control/Pengendalian, termasuk kedalamnya baik berupa control intern (terhadap proses) maupun control external.

Kelima unsur diatas (yaitu: mutu, ekonomi, fungsi, lingkungan dan pengawasa/control) menunjang terciptanya bangunan yang baik (bangunan yang baik: yang memenuhi persyaratan fungsional, teknis teknologis dan keselarasan terhadap lingkungan fisik dan social).

Maka untuk menjaga kriteria bangunan yang baik, perlu upaya-upaya penyelamatan bangunan terhadap ancaman/gangguan yang tidak terkendali (bencana).

Bertolak dari pengertian tersebut maka Keselamatan Bangunan adalah kondisi bangunan yang terjaga, agar tetap mempertahankan kriteria sebagai bangunan yang baik.

Oleh karena itu Bencana disini dimaksudkan adalah sebagai hal-hal/kejadian/peristiwa yang mengancam atau merupakan ancaman/gangguan terhadap Keselamatan Bangunan.

2.2.  Bencana/Ancaman Dalam Bentuk Rumusan Sederhana

Dari paparan diatas,  maka bencana secara ringkas dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Building (Str- Inst – Archt) …> ANCAMAN …..> terhadap unsur MUTU.
  2. Inefficiency ……………………….> ANCAMAN …..> terhadap unsur EKONOMI BANGUNAN.
  3. Pencemaran (dng sgl jenis)……..> ANCAMAN …..> terhadap unsur KESELASAN LINGKUNGAN FISIK DAN SOSIAL.
  4. Kebijakasanaan Ekonomi …..> ANCAMAN ….> terhadap unsur EKONOMI BANGUNAN.
  5. Banjir, Gempa Bumi …………> ANCAMAN ….> terhadap unsur MUTU dll.

 

Sumber:

Makalah yang diajukan pada Gugus Tugas P B S (22 Maret 1980).

Beberapa sumber lain tidak ditampilkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: