Posted by: lizenhs | December 20, 2015

CARA-CARA KONKRIT MENGHEMAT ENERGI

CARA-CARA KONKRIT MENGHEMAT ENERGI
Oleh: Haslizen Hoesin

Pendahuluan
Pemerintah telah menaikkan harga BBM bersubsidi dan juga Tarif Dasar Listrik (TDL). Untuk itu, anda pembaca Bukik Ranah Ilmu (BRI) dan sahabat lain, setelah membaca tulisan CARA-CARA KONKRIT MENGHEMAT ENERGI (Tips) ini melakukan berhemat dalam pemakaian energi (Listrik dan BBM), agar biaya hidup tidak semakin meningkat. Selamat membaca, semoga bermanfaat (dilaksanakan). (Haslizen Hoesin). Sebelum anda membaca tips, pada alinia dibawah ini Ambo (lizen) mengucapkan terimakasih kepada pembaca Bukik Ranah Ilmu (BRI) dimanapun anda berada.
Ucapan Terima Kasih
Pada kesempatan kali ini Lizen (pengelola BRI) mengucapkan terima kasih kepada pembaca Bukik Ranah Ilmu (BRI), karena pengunjung, dibulan Desember 2015, secara total mencapai 200.000, tepatnya tanggal 17 Desember. Sekali lagi lizen ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda pembaca BRI, semoga anda (pembaca) tulisan-tulisan di BRI setelah membaca dapat diterapkan/diamalkan dan bermanfaat di keseharian. Aamiin. InsyaAllah suatu waktu kedepan, Anda (pembaca BRI) berjumpa dengan ambo (Lizen) disuatu tempat dipermukaan bumi (didaratan/diperairan) yang belum diketahui waktu dan tempatnya.  InsyaAllah berjumpa, Aamiin.

Tips Kongrit Cara Menghemat Energi
1. Jangan menyalakan lampu disiang hari. Gunakan penerangan alamiah. Ini berhubungan dengan saat Anda membangun atau merenovasi rumah. Sebaiknya buatlah rumah berjendela lebar atau banyak jendela yang memungkinkan cahaya matahari masuk sebagai penerangan ruangan disiang hari. Ingat Indonesia adalah daerah Tropis. Baca juga: Rumah yang Layak, Sehat dan Hemat Energi, Rumah Apa Ituuuu …..? https://lizenhs.wordpress.com/2013/02/04/rumah-yang-layak-sehat-dan-hemat-energi-apa-ituuuu/
2. Gunakan ventilasi alamiah, ini berhubungan dengan saat Anda membangun atau merenovasi rumah. Sebaiknya buatlah rumah memiliki lubang udara (ventilsi) yang memungkinkan udara dengan bebas masuk dan keluar baik disiang dan malam hari. Ingat Indonesia adalah daerah Tropis.
3. Padamkan lampu kamar tidur, saat tidur atau turunkan watt lampu saat tidur misal 5 watt, jika tetap diperlukan pencahayaan ruangan.
4. Hanya menyalakan lampu bila Anda masuk dalam ruang gelap, misal Ruang Keluarga, Kmar Tidur, Kamar Mandi atau Gudang, padamkanlah lampu bila Anda keluar ruangan tersebut. Ingat selalu bila keluar ruangan padamkanlah lampu.
5. Jika Anda menggunakan pompa air listrik, penuhilah bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam jangka sekali waktu, misal setiap pagi saja. Karena tarikan listrik dari pompa pertama kali nyala, cukup memakan daya listrik.
6. Jangan terjadi pompa air listrik menyala dan padam saat tangki air kurang sedikit, karena motor listrik pompa saat starter menarik energi listrik yang banyak dan jangan pula air tangki melimpah keluar. Gunakan pelampung untuk menghentikan motor listrik pompa padam alat otomatis memutus arus listrik bila air tangki pemuh.
7. Buat jadwal mencuci dan menyeterika pakaian. Jangan mencuci dan/atau menyenetrika secara mencicil, lebih baik dijadwal. misal masing-masing dua kali dalam sepekan, untuk seluruh pakaian yang kotor sepekan.
8. Jika Anda mengendarai mobil pribadi, berangkatlah ketempat kerja lebih pagi dan pulanglah lebih lambat agar terhindar dari jam-jam macet. Kemacetan di jalan membuat pemborosan Bahan Bakar Minyak (BBM).
9. Bila anda nenyalakan televisi dan/atau radio, padamkan bila anda tidak memerlukan atau meninggalkan ruangan. Jangan nyalakan bila Anda keluar ruangan.
10. Usahakan menggunakan perlatan listrik rumah tangga yang hemat energi, seperti lampu hemat energi.
11. Tidur lebih awal, selesaikan semua pekerjaan di kantor jangan dibawa kerumah. Selain Anda membayar energi dari leptop yang anda nyalakan, waktu bersama keluarga juga penting. Ini memang tidak menghemat energi, tetapi jika waktu Anda bersama keluarga optimal, dapat memberi Anda energi lebih memulai hari esok dengan lebih baik.
12.Tidur di malam hari menurut Islam dan kaitannya dengan energi. “PADAMKANLAH LAMPU DI MALAM HARI APABILA ANDA AKAN TIDUR, Tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman.” (Al Hadist)
13. Jangan boros menggunakan kertas dan jangan buang kertas-kertas bekas. Tanamkan di benak anda bahwa setiap menggunakan kertas, anda telah menebang sebuah pohon.
14. Jangan manjakan tubuh Anda dengan berkendaraan setiap Bepergian. Jika tempatnya benar-benar jauh boleh saja Anda menggunakan kendaraan. Tetapi jika dekat misalnya 5 -10 menit perjalanan kaki, lebih baik jalan kaki, sekalian ber-olah raga untuk menyehatkan badan bukan?
15. Jika pada rumah anda terdapat (memasang) lampu penerang luar seperti didepan ruang tamu penerangi  jalan masuk rumah dan/atau di depan garasi (penerangan jalan masuk garasi) dan/atau di depan dan/atau dipojok rumah untuk menerangi jalan.  Dianjurkan menyalakan sesudah shalat magrib [jangan nyalakan pukul 6.00 sore hari waktu stempat (waktu sipil) atau sebelumnya] dan padamkanlah sesudah shalat subuh [jangan pukul 6.00 pagi waktu setempat (wktu sipil) atau sesudahnya]. Ingat Indonesia berada di darah khatulistiwa (tropis). Anjuran menyalakan dan memadamkan lampu tersebut berlaku juga untuk anda yang berada di daerah sub tropis (lintang Utara dan Selatan).
Sumber:
Pengalaman pribadi (lizen), merancang /renovasi rumah.
Energizing Asia Energia weekly no 46 tahun L, 24 November 2014.
Beberapa sumber lain tidak ditampilkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: