Posted by: lizenhs | November 14, 2015

BEGADANG, LIRIK LAGU RHOMA IRAMA DAN KURANG TIDUR

BEGADANG, LIRIK LAGU RHOMA IRAMA DAN KURANG TIDUR

1. Pendahuluan
Bagadang adalah kosa kata yang dipopulerkan oleh Rhoma Irama melalui lagu “dangdud Bagadang”. Lagu ini sangat popular di sekitar akhir tahun 60 dan awal 70. Lagu Begadang bila dicermati, ternyata penuh dengan nasehat. Perhatikanlah lirik lagu tersebut dibawah ini.
Judul lagu ini berkembang menjadi lebih dari satu judul tulisan, pada paparan ini hanya dua, yaitu: “Efek Negatif Begadang” dan “Kurang Tidur Sebabkan Pilek”.  Kedua judul tersebut dapat anda baca dibawah ini. Lagu bagadang ini dapat menjadi kenangan atau untuk mengingat-ingat masa lalu bagi yang muda saat itu dan menambah wawasan bagi pembaca BRI yang masih muda (sekarang). Selamat Membaca (Haslizen Hoesin).

2. Lirik Lagu “Begadang” Rhoma Irama

Begadang
Artis : Rhoma Irama
Album : OM Soneta Volume 1
Lirik Lagu Begadang

Begadang jangan begadang
kalau tiada artinya
begadang boleh saja
kalau ada perlunya

Begadang jangan begadang
kalau tiada artinya
begadang boleh saja
kalau ada perlunya

Kalau terlalu banyak begadang
muka pucat karena darah berkurang

Bila sering kena angin malam
segala penyakit akan mudah datang

Begadang jangan begadang
kalau tiada artinya
begadang boleh saja
kalau ada perlunya
http://blog-kangsun.blogspot.co.id/2013/04/lirik-lagu-begadang-rhoma-irama.html

3. Efek Negatif Begadang
Pola tidur yang kurang teratur, dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Tidur yang larut malam tetapi ingin bangun pagi-pagi adalah memainkan/mengatur waktu dengan sekeras/secermat mungkin.  Karena tubuh butuh waktu istirahat yang normal 7 – 8 jam. Jika anda menyukai begadang dengan alasan yang tidak jelas, berikut berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan akibat dari begadang.
Lemas/Kurang Semangat. Karena terlalu sering begadang dan kurang istirahat, maka energi tubuh akan terkuras. Akibatnya badan terasa lemas dan kurang semangat di siang hari.
Masuk angin. Akibat dari begadang juga dapat menyebabkan masuk angin. Tubuh yang seharusnya istirahat, tapi masih dipaksa untuk tetap aktif , ditambah lagi biasanya saat begadang orang akan mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat dan minum kopi. Inilah yang membuat perut kembung dan masuk angin.
Sakit kepala. Sering merasa tidak nyaman pada bagian kepala saat bangun terlalu siang dan tidur malam? Ini adalah satu dari beberapa akibat dari kurang tidur, karena begadang. Sedikit demi sedikit bagian dari sel otak akan mengalami masalah karena anda tidak cukup istirahat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur mempunyai efek seperti benturan pada kepala.
Insomnia. Karena sering melek dimalam hari dan harus masih beraktifitas di siang hari, maka akibatnya tubuh akan terbiasa dengan keadaan ini. Ketika anda akan mencoba untuk tidur pada jadwal tidur yang sebenarnya. Anda akan mengalami susah tidur. Inilah yang menyebabkan begadang dapat menyebabkan insomenia.
Pikun.
Begadang akan membuat sesorang pikun pada usia muda. Ketika tidur otak akan mengingat informasi yang terjadi dalam sehari. Karena dalam tidur otak akan menggabungkan memori eksplisit dan implisit di dalamnya. Jika terlalu sering begadang, maka fungsi otak yang satu ini akan terganggu dan menyebabkan kepikunan.
Kurang Konsentrasi.
Begadang dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Siklus tidur pada malam hari berperan menguatkan memori dalam pikiran. Jika anda sering begadang maka anda akan lebih susah untuk mengingat kejadian yang dialami.
Penyakit Berat.
Penelitian telah menunjukkan bahwa pekerja yang tidur terlalu sedikit pada waktu yang salah, mungkin akan menderita diabetes tipe dua dan obesitas. Termasuk darah tinggi dan serangan jantung yang bias mengakibatkan struke. Sementara peneliti lain mengatakan serangan jantung lebih sering terjadi pada pekerja malam.
Depresi. Rutinitas begadang tiap malam tidak dapat dianggap hal yang biasa bagi seseorang. Orang-orang yang tidur kurang dari 5 (lima) jam perhari selama sepekan (7 hari) dapat menyebabkan stress, marah, sedih dan kelelahan mental. Serta dapat menimbulkan gejala depresi.
Itulah beberapa masalah penyakit yang bisa muncul jika anda terlalu sering begadang. Jika begadang merupakan keajiban dan memang tidak bisa dihindari, sebaiknya barengi kebiasaan tersebut dengan kebiasaan lain yang lebih sehat, seperti mengater pola makan penuh nutrisi dan rajin berolah raga.
sumber:
http://detiksehat.com
Energizing Asia Energia weekly no 42 tahun LI, 19 Oktober 2015.

4. Kurang Tidur Sebabkan Pilek
Ini berita penting buat anda yang kurang tidur. Kurang tidur tidak hanya membuat badan lemas, tetapi gampang terkena pilek. Hal itu diketahui dari hasil penelitian dokter Aric Prather, ketua tim peneliti dari Unversitas California, San Fransisco, Amerika Serikat, terhadap 164 relawan sehat. Selama sepekan mereka diminta memakai sensor untuk mencatat kebiasaan lama tidur mereka. Mereka diberi setetes cairan yang sebenarnya berisi kuman rhinovirus, kuman penyebab demam. Mereka lalu dikarantina selama lima hari di hotel. Lewat pengamatan yang ketat, didapat beberapa orang diantara mereka terkena pilek. hasilnya seperti tertulis dalam situs reuters.com. Selasa pekan silam, mereka yang kurang tidur dari tujuh jam semalam, mudah terkena pilek. sebaliknya, mereka yang tidur tujuh jam keatas tidak menderita pilek, meskupun tubuhnya dimasuki rhinovirus. “Kurang tidur merupakan faktor yang penting untuk memprediksi seorang bakal terkena pilek” : Kata Dokter Aric Prather. Ia mengatakan, meskipun orang kurang tidur itu diberi vaksin flu, ia tetap terkena pilek.
Sumber:
Majalah GATRA 16 September 2015 (halaman 16).

Semoga lirik lagu/nasehat Rhoma Irama yang disampaikan dalam Lagu Dangdut Bagadang dan dua petikan tulisan diatas bermanfaat bagi pembaca Bikik Ranah Ilmu (BRI). Bila anda suka beritahu/sebarkan kepada sahabat anda yang lain. Terima kasih atas kunjungan Anda sahabat (Lizen).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: