Posted by: lizenhs | November 10, 2011

Beda Energi Baru Dan Terbarukan Dengan Energi Lain Dan Teknologi Pemanfaatannya

Beda Energi Baru Dan Terbarukan Dengan Energi Lain Dan Teknologi Pemanfaatannya

Oleh: Haslizen Hoesin

 

Pengertian

Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber egergi yang berkelanjutan, antara lain panas bumi, angin, bioenergi, radiasi matahari, aliran air dan air terjun serta gerakan perbedaan suhu lapisan laut, sedangkan.

Energi tak terbarukan adalah bersumber dari energi yang dihasilkan dari  sumberdaya energi yang akan habis bila diekploitasi secara terus-menerus, antara lain minyak bumi, batu bara, gas bumi, gambut dan serpih bitumen.

Sudut pandang lain membedakan energi terbarukan dengan energi tidak terbarukan didasarkan kepada lama waktu yang diperlukan untuk memulihkan kapasitas penyediaannya.  Sumber energi  yang dapat dipulihkan oleh alam dalam waktu yang relative singkat disebut terbarukan.  Sebaliknya jika alam memerlukan waktu yang sangat lama untuk memulihkan kapasitasnya disebut tidak terbarukan.

Memperhatikan kemampuan alam dalam memulihkan sumberdaya, maka diperlukan pengelolaan laju penggunaan sumberdaya sedemikaian rupa, sehingga tingkat ketersediaannya  selalu dapat mengimbangi perkembangan kebutuhan.  Secara normative dapat dikatakan bahwa hal itu dapat dicapai jika laju penggunaan sumber daya sama atau lebih rendah dibandingkan regenarasi.  Persyaratan ini mutlak harus dipenuhi dalam hal pemanfaatan sumberdaya terbarukan.

Pada hakekatnya energi terbarukan berasal dari tiga sumber energy yaitu energi radiasi matahari, panas bumi dan grafitasi.

Radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi berperan dalam siklus hidrologi sehingga tersedia energi potensial air, merubah suhu dan tekanan atmosfir yang menimbulkan energi aliran udara (atau angin).  Radiasi matahari yang diserap tumbuh-tumbuhan dalam proses fotosintesis menghasilkan biomassa, dan sebagainya.

Perubahan posisi matahari dan bulan terhadap bumi menimbulkan gaya grafitasi yang mempengaruhi ketinggian pasang-surut air laut (tidal).  Peluruhan radio aktif dari mineral pada inti bumi, yang terus berlangsung, menghasilkan panas yang merambat kepermukaan bumi dan sunya masih cukup tinggi di beberapa tempat lokasi di kulit bumi sehingga ekononis untuk dimanfaatkan  sebagai sumber panas, Potensi energi panas bumi dapat memenuhi kebutuhan seluruh energi dunia.  Tetapi hanya sedikit dimanfaatkan dengan alasan keterbatasan pengetahuan, teknologi dan investasi.

Teknologi pembangkit Energi

Berikut ini beberapa teknologi pembangkit energi dari sumber energi terbarukan seperti:

PANAS BUMI

Panas bumi dapat dimanfaatkan secara langsung dan tak langsung.  Pemanfaatan secara langsung antara lain sebagai pengering hasil pertanian, sterilisasi media tanam jamur, pemandian air panas dsb.  Pemanfaatan tidak langsung  seperti uap panasbumi dikonversi menjadi tenaga listrik.  Sistem pembangkit tenaga listrik tenaga panas bumi, memanfaatkan uap air bertekanan tinggi yang bersumber dari reservoir bawah tanah, dipanaskan oleh magma di perut bumi di sekitar reservoir tersebut.  Uap air bertekanan  tersebut diarahkan ke turbin uap dan memutar  generator seperti pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Mengenai Energi Panas Bumi lebih terperinci, baca pada: ENERGI PANAS BUMI PEMBANGKIT ENERGI LISTRIK https://lizenhs.wordpress.com/2016/06/20/energi-panas-bumi-pembangkit-energi-listrik/#more-3135

ALIRAN AIR DAN AIR TERJUN

Aliran air dan air terjun adalah senergi dalam bentuk energy potensial dan kinetic air, dapat diubah menjadi energy mekanik poros yang selanjutnya dikonfersi menjadi energy listrik.  Energi mekanik air dapat pula digunakam mengangkat alu penumbuk padi dan mengangkat air ketempat yang lebih tinggi. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) secara garis besar dapat digolongkan sebagai PLTA run-off sungai  dan PLTA bendungn.  PLTA run-off sungai harus dioperasikan terus-menerus sepanjang pembangkit siap untuk memanfaatkan tenaga air yang tersedia.  Sedangkan PLTA Bendungan dapat diatur operasinya berdasarkan kebutuhan.   Satu dari  beberapa PLTA run-off sungai yang popular adalah kincir air (Teknologi Tepat Guna) atau Pembangkit listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).  Tinggi terjun air diperoleh dengan mengalirkan sebagian aliran air sungai ke saru sisi sungai  dan menjatuhkannya kembali kesungai yang sama pada suatu tempat lain  sesuai dengan beda ketinggian (“head”) yang diperlukan sudah diperoleh. Lebih Terperinci baca:
BERAGAM MANFAAT, PENGEMBANGAN DAN KENDALA KINCIA-AIA https://lizenhs.wordpress.com/2009/01/19/beragam-manfaat-pengembangan-dan-kendala-kincia-aia-2/ dan
Teknologi Terapan: Pembangkit Listrik Mikro “Kincia Aia” Terapung https://lizenhs.wordpress.com/2008/11/21/teknologi-terapan-pembangkit-listrik-mikro-%E2%80%9Ckicia-aia%E2%80%9D-terapung/

BIOENERGI

Bio energi adalah sumber energi yang berasal dari material makhlik hidup yang diproses menjadi biomassa sebagai bahan bakar nabati  sebagai bahan bakar cair dan gas.

Biomassa yang sudah dipergunakan sejak ribuan tahun lalu adalah kayu, terutama untuk kegiatan masak-memasak.  Kayu dapat  langsung dibakar dalam bejana pendidih air (boiler) untuk menghasilkan uap.  Dalam sistem pembangkit listrik, energi uap menngerakkan turbin  untuk memutar generator listrik, beberapa system pembangkitg barbahan bakar batubara  juga menggunakan biomassa sebagai sumber  energi tambahan (co-firing) Di industry kayu dan kertas, serpihan kayu langsung dimasukkan ke dalam bejana pendidih (boiler) untuk menghasilkan uapuntuk proses produksi.

Biogas juga dapat dihasilkan dari biomassa untuk membangkit listrik. Sitem gasifikasi pada suhu tinggi mengubah  biomassa menjadi bahan bakar gas. Gas tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar pada motor bakar atau turbin gas.

Bahan bakar nabati (bio-fuel) adlah bahan bakar yang diproduksi dari sumber-sumber hayati, yaitu biodiesel, bioethanol dam miunyak nabati murni (pure plant oil)

Biodiesel dimaksudkan sebagai pennganti minyak solar (automotive diesel-oil) dan minyak diesel Industri (industri diesel-oil).  Biodiesel umumnya diprfoduksi dengan spesifikasi untuk menyamai spesifikasi minyak solar sehingga dapat digunakan secara murni atau dicampur dengan minyak solar.

Bioetanol digunakan sebagai bahan bakar kendaraan mesin bensin, terutama dalam bentuk gasohol, yakni campuran etanol kering/absolut dan bensin.

Minyak Nabati Mufrni dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan bahan bakar (marine fuel-oil).  Minyak nabati murni yang digunakan untuk menggantikan minyak tanah disebut dengan biokerosine.  Disamping itu, minyak nabati murni juga dapat digunakan  untuk subsitusi minyak solar pada mesin diesel stationer, misal pembangkit listrik.

RADIASI MATAHARI

Radiasi Matahari bentuknya adalah gelombang elektromagentik terdapat dalam dua bentuk yaitu panas dan cahaya tampak, dalam bentuk lain dinyatakan sebagai gelombang pendek dan gelombang panjang, atau radiasi langsung, baur dan global.  Radiasi matahri dimanfaatkan dalam dengan dua kategori yaitu aktif dan pasif.

Pada kategori aktif  energi radiasi matahari dapat dalam bentuk panas (solar thermal) dikonversikan langsung sebagai pemanas udara dan pemanas air, solar photovoltaic untuk pembangkit tenaga listrik.  Pemanas udara pada kamar penegering energi surya untuk mengeringkan hasil pertanian kelautan dan garam dpat juga untuk pemanas udara ruangan.  Pemanas air yaitu solar water heater. Cahaya tampak secara langsung untuk penerangan baik diluar maupun dalam bangunan.  Proses photosintesis pada dedaunan.

Secara pasif pada bentuk solar thermal dan cahaya tampak untuk perencanaan bangunan dan tata bangunan dalam suatu lokasi pemukiman, pasar dan perkantoran, termasuk juga lubang udara (ventilasi).

Energi matahasi sudah digunakan manusia sejak ratgusan tahun lalu seperti pengeringan bahan pertanian, ikan dll. Pembuatan garam dll. Mengenai energi radiasi matahari lebih terperinci paca pada Energi Radiasi Matahari: Pemanfaatan Pada Pertanian, Perikanan, Bangunan dan Listrik. https://lizenhs.wordpress.com/2010/04/24/energi-radiasi-matahari-pemanfaatan-pada-pertanian-perikanan-bangunan-dan-listrik/ dan
SILICON BATERAI SURYA https://lizenhs.wordpress.com/2016/06/20/silicon-baterai-surya/

ENERGI ANGIN

Energi angin yang dimanfaatkan adalah energi kinetik udara.  Energi kinetik  dari  udara yang bergerak dikonversikan oleh turbin atau kincir angin menjadi energi mekanik memutar generator listrik atau langsung memutar mesin seperti pompa air, gilingan padi dsb. Energi angin  sudah digunakan oleh manusia sejak ratusan tahun seperti perahu layar. Mengenai energi Angin lebih terperinci baca pada ENERGI ANGIN, KINCIR ANGIN DAN PROSPEKNYA https://lizenhs.wordpress.com/2014/10/04/energi-angin-kincir-angin-dan-prospeknya-2/

Gerakan dan Perbedaan Suhu lapisan Laut (Samudera)

Gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut (samudera) adalah sumber energi di perairan laut, seperti energi arus laut, energi pasang surut,  energi gelombang laut dan energi perbedaan suhu lapisan laut. Teknologi pemanfaatan energi laut masih dikembangkan dan beberapa teknologi sudah masuk komersialisa.

Kluster Energi

Energi baru terbarukan sesuai dengan sumber energinya menurut  Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dibedakan dalam 11 klaster, yaitu 5 klaster energi baru dan 6 klaster energi terbarukan.

Termasuk klaster energi baru adalah batubara tercairkan, gas metana batu bara, batubara tergaskan, nuklir dan hydrogen.  Termasuk klaster energi terbarukan adalah panas bumi, Aliran air dan air terjun, bioenergi, radiasi matahari, angin dan gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: