Posted by: lizenhs | June 7, 2011

ENERGI BARU TERBARUKAN (DIPERBAHARUI) ATAU ENERGI RAMAH LINGKUNGAN, APA ITU…..UU?

ENERGI BARU TERBARUKAN (DIPERBAHARUI) ATAU ENERGI RAMAH LINGKUNGAN, APA ITU…..UU?

Oleh Haslizen Hoesin

Pendahuluan

Energi memiliki pengertian berbeda-beda tergantung konsumennya. Definisi tentang energi dapat menjadi sangat lebar. Menurut sarjana teknik, energi bisa berkaitan dengan istilah minyak bumi, listrik, panas bumi, gas alam, energi kinetik dan potensial dan sebagainya. Menurut masyarakat awam, energi bisa berarti batubara, BBM (premium, solar, pertamax, minyak tanah), baterai, pepohonan (kayu bakar) dan bahkan makanan (nasi, gandum, roti, jagung, pisang, ubi, talas, sagu, sayur-sayuran, buah-buahan, air, daging, ikan dll.).  Tapi secara umum, energi itu ialah “sesuatu yang menghasilkan kerja ada juga mengatakan/berpendapat panas”.

Rubah Pola Pikir

Paparan berikut ini terpusat pada energi baru dan terbarukan (diperbaharui), terutama pada pengertian dari Energi Terbaharui, Energi Berkelanjutan dan Energi Ramah Lingkungan atau Energi Hijau, sebagai pembuka wawasan. Paparan ini menjelaskan bahwa energi terbarukan atau diperbaharui adalah “energi utama” bukan alternatif sebagaimana yang dikemukakan beberapa penulis/pakar. Energi di perbaharui adalah energi utama (pokok) sedangkan energi BBM, batubara (konvensional) adalah energi alternative atau pelengkap karena akan habis. Jadi harus dirubah pola pikir bahwa energi diperbaharui itu lah yang utama bukan alternatif. Oleh karena itu seluruh “masyarakat” memelihara keberadaan air, radiasi matahari, angin, panas bumi, biomasa dll. Kekurangan dari itu semua baru dilengkapi dengan BBM, Batu Bara dll

Energi Utama

Kenapa dikatakan energi utama, karena energi tersebut selalu ada dan sumber energi-energi lain terbatas, cuma teknologi untuk pemanfaatan energi utama ini yang belum ditemukan secara total dan optimal, masyarakat terlena dengan teknologi/energi BBM dan batubara, padahal beberapa (mungkin banyak) teknologi itu boros energi dan merusak lingkungan, dimana teknologi itu ditempatkan/berada.

Pemanfaatan Energi Terbarukan
Pemanfaatan Energi terbarukan yang paling dekat dalam kehidupan misal energi (cahaya dan panas) matahari dan angin untuk rumah, orang membuat/membangun rumah di daerah tropis tanpa memperhatikan posisi bukaan jendela terhadap lintasan surya dan arah angin untuk membuat lubang udara, maka pada rumah tersebut akan boros energi selama ditempati.
Energi panas matahari dimanfaatkan untuk menjemur kain yang sudah dicuci, bukan dengan mesin cuci dikeringkan secara total, kecuali darurat (saat musim hujan). Juga untuk pengering gabah/padi dan bawang dengan kamar pengering energi Surya (KPES).
Energi air, pemanfaatan energi kinetik atau potensial air dengan kicir air.  Energi kinetik dan potensial air, digunakan untuk memutar kincir generator untuk menghasilkan listrik dan dimanfaatkan untuk penerangan satu kampung atau desa/dusun.
Energi air sungai akan mubazir bila tidak dimanfaatkan. Bila energi air dari sungai dimanfaatkan, sungai akan dipelihara oleh penduduk sekitar sungai, karena mereka merasa memiliki dan membutuhkan air untuk memutar generator, sekaligus menjaga lingkungan hidup hulu dan hilir sungai, jadi pemanfaatan energi air memiliki efek ganda yaitu menjaga lingkungan hidup dan memutar kincir generator.

Mengenai energi ini perlu dipahami kosa kata mubazir, yang memiliki arti yaitu
1. menjadi sia-sia atau tidak berguna; terbuang-buang (karena berlebihan): mereka khawatir gedung yang didirikan itu akan …….. saja;
2. (a) berlebih(an): penggunaan bentuk ulang seperti itu merupakan hal yg……;
3. ( a) bersifat memboroskan; berlebihan; royal: hal berlebih-lebihan yang mengarah pada sifat …… merupakan perbuatan tercela dalam agama;
4. ( n) orang yg berlaku boros; pemboros;
me-mu-ba-zir-kan (v) menjadikan mubazir: kita jangan ……. energi untuk memikirkan hal-hal di luar jangkauan kita;
pe-mu-ba-zir-an (n) proses, cara, perbuatan menjadikan mubazir;
ke-mu-ba-zir-an (n) mubazir

Energi Terbaharui
Konsep energi terbaharui diperkenalkan pada 1970-an sebagai bagian dari usaha mencoba bergerak melewati pengembangan bahan bakar nuklir dan fosil. Definisi paling umum energi baru terbarukan (terbaharui) adalah energi yang bersumber dari energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam, proses “berkelanjutan”. Dari definisi ini, bahan bakar nuklir dan fosil tidak termasuk ke dalamnya.

Energi terbaharui atau terbarukan/Renewable Energy adalah energi yang dihasilkan dari sumber alam berupa aliran energi berasal dari “proses alami yang berkelanjutan”, seperti radiasi (sinar) matahari, angin, proses biologi, biomassa dan panas bumi, air seperti aliran dan beda ketingian permukaan air, pasang/gelombang laut, biomassa dan panas bumi yang dapat diperbaharui. Energi terbarukan adalah sumber energi yang dihasilkan dari sumber energi yang secara alamiah tidak akan habis dan dapat berkelanjutan jika dikelola dengan baik, antara lain: panas bumi, bahan bakar nabati (biofuel), aliran air sungai, panas surya, angin, biomassa, biogas, ombak laut dan suhu kedalaman laut.

Energi berkelanjutan
Seluruh energi terbaharui secara definisi juga merupakan energi berkelanjutan, yang berarti mereka tersedia dalam waktu jauh ke depan, dapat digunakan dalam membuat perencanaan. Meskipun tenaga nuklir bukan energi diperbaharui, namun pendukung nuklir dapat berkelanjutan dengan penggunaan Reaktor peternak Menggunakan uranium -238 atau torium atau keduanya. Di sisi lain banyak penentang nuklir menggunakan energi berkelanjutan istilah ”Sebagai sinonim untuk energi terbaharui”, oleh karena itu tidak memasukkan ke dalam energi nuklir berkelanjutan.

Energi sustainable
Seluruh energi terbaharui secara definisi juga merupakan energi sustainable, yang berarti mereka tersedia dalam waktu jauh ke depan. Meskipun tenaga nuklir bukan energi diperbaharui, namun pendukung nuklir dapat sustainable dengan penggunaan reaktor breeder menggunakan uranium-238 atau thorium atau keduanya. Di sisi lain banyak penentang nuklir menggunakan istilah energi sustainable sebagai sinonim untuk energi terbaharui, dan oleh karena itu tidak memasukkan nuklir ke dalam energi sustainable, sumber energi terbaharui modern

Menurut Undang-undang
Secara definisi pada Undang-Undang Republik Indonesia no 30 tahun 2007 Tentang Energi Bab 1 Fasal 1 butir ke (6) bahwa: Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya energi yang berkelanjutan jika dikelola dengan baik, antara lain panas bumi, angin, bioenergi, radiasi matahari, aliran air dan air terjun, serta gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut.

Mungkin istilah yang tepat mengenai energi terbarukan adalah terjemahan dari “Sustainable” yang diartikan “berkelanjutan”. Dengan konsep equal recharge-discharge, maka geothermal merupakan energi yang berkelanjutan. ‘Terbarukan adalah terjemahan dari ‘renewable’, memang janggal kedengarannya. Seharusnya yang dapat diperbaharui terus menerus seperti dari air mengalir di sungai yang bersumber dari mata air dihulu sungai, maka semua orang bepikir bagaimana memelihara mata air tersebut, juga terhadap energi matahari (surya), bioenergi. Demikianlah disebutkan dalam undang-undang Energi Republik Indonesia no 30 tahun 2007.

Energi Ramah Lingkungan
Energi Ramah Lingkungan atau energi hijau (Inggris: green energy) adalah suatu istilah yang menjelaskan apa yang dianggap sebagai sumber energi dan tenaga yang ramah terhadap lingkungan. Istilah ini merujuk kepada sumber-sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak mencemari lingkungan. Selain air, energi matahari dan angin terdapat pula energi yang berasal dari makhluk hidup. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia).
Termasuk dalam kategori yang terakhir sering disebut juga sebagai biomassa, sebagai contoh adalah minyak jelantah dan limbah atau tinja ternak (sapi). Secara umum jenis energi ini termasuk ke dalam energi terbaharui.

Sitem Energi Ramah Lingkungan (Energi Hijau)
Sistem Energi Ramah Lingkungan unsur-unsurnya adalah radiasi matahari, air, angin, makhluk hidup [Manusia, hewan (di air, udara dan darat) dan pepohonan]. Bila satu dari unsur-unsur sistem energi ramah lingkungan diganggu misal oleh manusia, maka unsur-unsur lain akan terganggu.

Baca Juga:
Beda Energi Baru Dan Terbarukan Dengan Energi Lain Dan Teknologi Pemanfaatannya, http://lizenhs.wordpress.com/2011/11/10/beda-energi-baru-dan-terbarukan-dengan-energi-lain-dan-teknologi-pemanfaatannya/
Cahaya Tampak: “Photosynthesis” Dan Penghematan Energi Dalam Bangunan. http://lizenhs.wordpress.com/2010/04/24/cahaya-tampak-%E2%80%9Cphotosynthesis%E2%80%9D-dan-penghematan-energi/
Memahami Radiasi Matahari Dari Enam Hal, Menuju Langit Biru Dan Teknologi Pemanfaatanya http://lizenhs.wordpress.com/2011/04/20/memahami-radiasi-matahari-dari-enam-hal-menuju-langit-biru/
RADIASI MATAHARI: KANDUNGAN ATMOSFIR, LINGKUNGAN HIDUP dan SPEKTRAL RADIASI MATAHARI http://lizenhs.wordpress.com/2011/05/03/radiasi-matahari-kandungan-atmosfir-lingkungan-hidup-dan-spektral-radiasi-matahari/
Rumah yang Layak, Sehat dan Hemat Energi Apa ….. Ituuuu? http://lizenhs.wordpress.com/2013/02/04/rumah-yang-layak-sehat-dan-hemat-energi-apa-ituuuu/. Pada Kategori: Rumah

About these ads

Responses

  1. Sobat, jujur angkek topi ambo, dulu di SMA kito sibuk baraja ilmu ukur ruang , aljabar, ilmu ukur sudut dll , ruponyo Allah SWT selain ilmu pasti banyak energi2 yang diberikan kapado sabat ambo, nan suko ba abuak pendek dulu, selamat berkarya.

    • Tarimokasih Komentar sobat mudah-mudahan blogko bermanfaat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: